Sunday, August 19, 2018

Biro Perjalanan Wisata dan Online Travel Agent

Biro Perjalanan Wisata (BPW)

Biro Perjalanan Wisata (BPW) merupakan perusahaan yang memiliki tujuan untuk menyiapkan suatu perjalanan bagi seseorang yang merencanakan untuk mengadakannya (Pendit, Nyoman S). Selain itu, sebuah BPW harus memiliki izin operasional yang resmi karena akan mempermudah kegiatan jika sedang menerima wisatawan yang bersifat rombongan. BPW mampu mengatur, mempersiapkan, dan melaksanakan perjalanan dalam atau luar negeri sesuai permintaan. BPW sebagai tour planner, tour guide, dan tour leader. Berikut ini adalah tugas BPW, yaitu:
  1. Menyusun dan menjual paket wisata dalam atau luar negeri atas dasar permintaan atau kepada umum;
  2. Menyelenggarakan atau menjual pelayaran wisata (cruise);
  3. Menyelenggarakan pemanduan wisata;
  4. Menyediakan fasilitas untuk wisatawan;
  5. Menjual tiket pesawat, kereta, dan lainnya;
  6. Mengurus dokumen-dokumen yang berlaku.
Untuk mempermudah kegiatannya, BPW menjalin kerja sama dengan perusahaan lain seperti hotel dan maskapai penerbangan guna mengantisipasi full booked dan adanya wisatawan rombongan yang ingin melakukan reservasi. Jika sudah menjalin kerja sama, BPW dapat mengakses langsung ketersediaan maskapai penerbangan pada waktu yang ditentukan. Setiap BPW tidak memiliki fitur yang sama, berikut ini adalah contoh perbandingan antar 2 BPW, yaitu:

1. MedinaZein Tour and Travel 
MedinaZein Tour and Travel ini biasa dikenal dengan MZ Tour and Travel merupakan salah satu bisnis miliki seorang pengusaha di Indonesia, yaitu Medina Zein. MZ Tour and Travel terletak di Jl. Bengawan Solo No. 62, Bandung, Jawa Barat. BPW ini fokus pada paket umroh yang terdiri dari regular, plus, dan private, dan juga beberapa paket wisata luar negeri, seperti Europe Tour 12D10N, Turkey Tour 10D8N, dan berbagai paket wisata luar negeri lainnya. Selain itu, MZ Tour and Travel menambahkan travel review dan artikel mengenai informasi terbaru terkait dokumen dan informasi penting lainnya untuk kebutuhan perjalanan, terdapat juga informasi asuransi perjalanan, informasi pembuatan visa dan paspor, serta adanya dokumentasi-dokumentasi perjalanan wisatawan yang menggunakan jasa MZ Tour and Travel.
Gambar 1. Website MZ Tour and Travel (Screenshot mztourandtravel.com)
2. Angkasa Tour and Travel
Angkasa Tour and Travel terletak di Manga Dua Square, Lt. UG, Blok B P021-022 Jl. Gunung Sahari Raya No. 1 Jakarta Utara. Dibandingkan dengan MZ Tour and Travel, BPW ini lebih lengkap karena tidak hanya menjual paket wisata dalam dan luar negeri, namun menjual tiket maskapai penerbangan, hotel, sewa mobil, pembuatan visa, dan promo. Selain itu, terdapat juga informasi high and low season  untuk setiap tahunnya. Contoh paket wisata yang ditawarkan adalah Singapore-Kuala Lumpur Tour 7D6N, Korea Selatan + Jeju Island Tour 7D5N, dan paket wisata lainnya. BPW ini lebih banyak promo dan special tour package seperti, paket wisata natal - tahun baru, paket tour low season, paket umroh,dan holyland tour, serta terdapat dokumentasi-dokumentasi perjalanan. Angkasa Tour and Travel juga sudah tergabung dalam ASITA (Association of the Indonesian Tour and Travel Agencies).
Gambar 2. Website Angkasa Tour and Travel (Screenshot www.angkasatourandtravel.com)

Berdasarkan dua contoh Biro Perjalanan Wisata di atas, terlihat perbedaan yang tidak terlalu banyak, seperti:
  1. MZ Tour and Travel memiliki travel review dan artikel mengenai infromasi terbaru terkait kegiatan perjalanan, sedangkan Angkasa Tour and Travel tidak ada. 
  2. MZ Tour and Travel memiliki beberapa macam paket umroh dan paket wisata luar negeri, sedangkan Angkasa Tour and Travel memiliki paket wisata dalam dan luar negeri yang lebih banyak dan sudah ada tanggal keberangkatannya.
  3. Angkasa Tour and Travel memiliki informasi promo maskapai penerbangan, hotel, dan paket wisata, sedangkan MZ Tour and Travel tidak ada.

Online Travel Agent (OTA)

Pada era digital, sudah banyak orang yang menggunakan Online Travel Agent (OTA) untuk kegiatan perjalanan. Sekarang OTA sudah dikemaas dengan mudah dan menarik, sehingga lebih praktis untuk menghemat waktu persiapan perjalanan yang akan dilakukan. Terutama untuk backpacker peran OTA sangat membantu dalam mendapatkan informasi pemesanan tiket pesawat, kereta, hotel, dan tempat wisata. Berikut ini manfaat penggunaan OTA, yaitu:
  1. Memudahkan mendapatkan informasi terkait produk yang ingin dipesan;
  2. OTA memiliki pilihan hotel, maskapai penerbangan, dan produk lainnya yang variatif;
  3. Proses pencarian produk pada OTA dapat menghemat waktu dan tenaga;
  4. Terdapat travel review;
  5. Metode pembayaran lebih praktis dan aman;
  6. OTA memiliki promo yang mudah didapat dan rutin.
OTA tidak hanya membantu memberikan pilihan hotel, maskapai penerbangan, dan kereta. Namun, ada beberapa OTA yang telah menambahkan fitur untuk pemesanan tiket bus, sewa mobil, transportasi tempat asal ke bandara, dan tiket/karcis tempat wisata/event. Berikut ini adalah perbandingin contoh 2 OTA, yaitu:

1. Tiket.com

Tiket.com merupakan salah satu OTA yang fiturnya hampir lengkap, seperti menjual tiket maskapai penerbangan dalam atau luar negeri, kereta, hotel, sewa mobil, tiket tempat wisata dalam atau luar negeri, dan event. Selain itu, terdapat promo yang bermacam-macam mulai dari potongan harga dari OTA tersebut hingga dari perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dengan OTA tersebut. Ketika melakukan pemesanan melalui tiket.com akan ada konfirmasi kode pemesanan yang masuk ke e-mail, sms, dan whatsapp secara otomatis. 

2. Airbnb

Airbnb merupakan salah satu OTA yang fiturnya tidak terlalu lengkap karena bukan untuk ditempatkan di Indonesia, melainkan untuk pemesanan penginapan, restaurant, dan event di dalam atau luar negeri. Airbnb banyak digunakan traveler Indonesia untuk pemesanan penginapan di luar negeri, karena fiturnya yang mudah diakses dan sudah terdapat travel review maka OTA ini mempermudah backpacker untuk mengunjungi suatu negara. Fitur yang dimiliki OTA ini memang tidak terlalu banyak, namun sudah bersifat internasional, sehingga banyak penginapan-penginapan murah dan cocok untuk anak muda yang berpergian. Selain untuk pemesanan beberapa fasilitas, OTA ini terdapat fitur tempat-tempat rekomendasi yang berada di luar negeri. 

Berdasarkan perbandingan di atas, berikut ini adalah perbedaannya:
  1. Tiket.com bisa untuk pemesanan tiket maskapai penerbangan, kereta, sewa mobil, tiket tempat wisata, dan hotel, sedangkan Airbnb untuk pemesanan penginapan, tiket event dan tempat wisata;
  2. Tiket.com terdapat promo sendiri maupun dari perusahaan yang bekerja sama, sedangkan Airbnb tidak ada promo;
  3. Airbnb memberikan rekomendasi tempat wisata dan restaurant jika berada di tempat yang belum pernah dikunjungi, sedangakan Tiket.com tidak.
  4. Airbnb memudahkan kegiatan wisatawan dari berbagai negara jika hendak berpergian ke negara lain.

Di era digital, BPW dan OTA memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, seperti jika adanya wisatawan rombongan maka lebih disarankan menggunakan BPW guna membantu pemberkasan dokumen-dokumen untuk kegiatan perjalanan. Namun, jika untuk wisatawan individu atau private dan tidak ingin bergantung pada tour package bisa menggunakan OTA, sehingga perjalanan lebih praktis dan santai.

Source:

Angkasa Tour and Travel.
www.angkasatourtravel.com

"Online Travel Agent Semakin Jadi Andalan Perjalanan Tanah Air". 4 Oktober 2015.
http://www.beritasatu.com/food-travel/311491-%09online-travel-agent-semakin-jadi-andalan-perjalanan-tanah-air.html

Munavizt, Setzer. "Definisi, Tugas, & Perbedaan Biro Perjalanan Wisata dan Agen Perjalanan Wisata". Juli 2010. 
http://pariwisatadanteknologi.blogspot.com/2010/06/definisi-tugas-perbedaan-biro.html

Mz Tour and Travel. 2017.
mztourandtravel.com

Zebua, Ferdinand. "Laporan DailySocial: Survey Online Travel Agencies (OTA) 2018". 22 Februari 2018.
https://dailysocial.id/post/laporan-dailysocial-survey-online-travel-agencies-ota-2018/



No comments:

Post a Comment